RSS Feed

MAAG PROBLEM

Posted on

Bulan ini target hrs terbebas dr yg namany sakit maag…dah bertahun2 selalu dibayangi penyakit..spertinya I should take it as a serious issue.. Dr dulu sengaja memang gak terlalu perhatiin maag ini..pernah baca ktnya kita gak boleh terlalu fokus dan mengeluh jika kita sedang sakit…

tp sepertinya saya salah dalam memahaminya…seharusnya tidak terlalu berfokus tp tetap berusaha mengobatinya bukannya cuek and gak mau mencari obat atau pengobatan yang dari dulu saya lakukan …akibatnya penyakit ini makin betah di tubuh ini iseng2 googling nemu artikel ini

Kacang Hijau atau yang biasa kita kenal dengan sebutan kacang ijo adalah salah biji-bijian yang cukup banyak manfaatnya. kebiasaan kita kacang ijo di jadikan sebagai bubur (bubur kacang ijo), namun sebenarnya banyak sekali manfaat dari kacang hijau, salah satunya adalah untuk lambung kita terkhusus buat para penderita penyakit maag karena kandungan dalam kacang ijo bisa membuat lapisan lambung tebal dan mengurangi kadar asam dalam lambung berkurang, yang biasanya penyekit maag di akibatkan terlalu banyaknya kandungan asam dalam lambung,..

menurut riset yang dilakukan salah satu rumah sakit khusus penderita lambung, kandungan kacang ijo bisa mengurangi asam dalam lambung,.. ini sedkit tips aja buat rekan2 yang menderita peyakit maag, tetapi yang bisa menyembuhkan dan pemberi nikmat hanya Allah SWT kita sebagai manusia adalah hanya bisa berusaha… Ok Adapun caranya adalah

Bahan Obat: Kacang hijau 1/4 kg

Pengolahan:

• Kacang hijau dicuci bersih, kemudian dijemur / keringkan.

• Setelah itu digoreng tanpa menggunakan minyak / sangrai hingga terlihat matang.

• Setelah matang angkat dan tumbuk hingga halus.

• Hasil tumbukan / bubuk kacang hijau tadi yang digunakan sebagai ramuan.

• Setiap hari gunakan satu sendok makan bubuk kacang hijau tadi dicampur air putih segelas.

Minum hingga sakit berangsur hilang /sembuh mau coba deh minggu ini ^^ trus nemu lagi artike yang memotivasi sy minggu ini utk mengikuti langkah di bawaih ini :

1. Makan NASI tiga kali sehari, dengan jam dan porsi yang teratur.Dokter menyarankan untuk sarapan jam 7, makan siang jam 1, dan makan malam jam 5. Tapi aku biasa sarapan jam 6, makan siang jam 12, dan makan malam jam 6 jadi jam inilah yang aku pakai.

Jumlah teratur maksudnya porsinya tetap, cukup kenyang, nggak kurang dan nggak berlebihan sampai kekenyangan. Boleh sarapan dengan Havermouth. Nggak boleh nasi goreng karena berminyak dan berbumbu (lihat nomor 7 dan 8). Sarapan dengan roti jelas tak diperbolehkan (lihat nomor 5 dan 6).

2. Makanan harus dikunyah dengan baik. 32 kali. Tujuannya supaya makanan yang masuk ke lambung sudah cukup halus. Kalau makan cuma dikunyah sekali dua kali dan langsung telan, kan makanan yang masuk ke lambung masih kasar-kasar terus nanti kena ke luka di lambung. Sakit! (Bayangkan sariawanlah. Sakit kalau tersenggol, kan?). Ini kebiasaan paling berat. Waktu membiasakan diri mengunyah 32 kali, selain waktu makanku jadi lama, rahangku juga pegal-pegal. Tak terbiasa, sih. Soalnya biasanya aku makan dengan cepat (ngunyahnya nggak benar). Ini juga resep untuk yang diet. Tujuannya supaya kita sempat merasakan rasa kenyang. Kalau makan cepat-cepat kan rasa kenyang itu baru terasa kalau makanan yang masuk sudah terlalu banyak atau lima menit setelah berhenti makan.

3. Minum harus sopan santun. Maksudnya jangan ditenggak habis satu gelas. Gleg-gleg-gleg gitu. Minum seteguk, diem, minum seteguk lagi, diem. Ini supaya lambung nggak melar. Resep ini terutama ditekankan untuk yang ingin melangsingkan badan (sering denger kalau dokter sedang memberi wejangan pada pasien yang menurunkan berat badan).

4. Tak perlu makan marie tiap jam. Agak aneh memang. Ternyata alasannya adalah begini. Aku kan sedang mengembalikan fungsi tubuhku agar normal kembali dan hanya memproduksi asam lambung tiga kali sehari (saat makan besar). Nah, kalau aku membiasakan untuk makan marie tiap jam, nanti lambungku akan terbiasa untuk memproduksi asam lambung terus-terusan. Nanti lambungku ketergantungan makanan. Kalau nggak dikasi makan tiap jam, nanti bisa sakit maag lagi karena dinding lambung terkikis dan luka lagi.

5. Nggak boleh makan makanan yang dibuat dari tepung seperti roti, mie, dan lain-lain. Psst! Sebenarnya tepung inilah turut andil dalam menggemukkan tubuh. Biasanya pasien yang diakupunktur untuk melangsingkan badan juga dilarang makan tepung-tepungan oleh dokter. Pasien lain yang nggak melangsingkan badan juga dilarang makan tepung-tepungan dan akibatnya berat badannya langsung turun.

6. Nggak boleh makan makanan yang beragi dan mengembang jika dimasak, seperti kue bolu, cake, roti, mie.

7. Kurangi lemak. Terutama nggak boleh makan gorengan. Why? Karena lemak sulit dicerna. Kasian, kan lambung yang sudah luka-luka disuruh kerja keras.

8. Jangan makan makanan yang berbumbu merangsang seperti merica, cabai, asam karena bumbu ini merangsang keluarnya asam lambung. Termasuk juga saus tomat (asam). Sambal botol dan mustard juga jelas tak boleh.

9. Jangan minum kopi maupun teh karena mengandung kafein yang bisa merangsang pengeluaran asam lambung. Kalaupun mau minum teh harus yang super encer. Itu juga baru boleh minum kalau sakit maag-nya sudah mendingan.

10. Jangan minum soda. Jelas banget. Selain bikin gas di perut, soda juga mengiritasi lambung.

11. Jangan makan sayur keluarga kubis-kubisan seperti brokoli, kembang kol, daun kol, selada karena keluarga kubis-kubisan ini banyak menghasilkan gas. Jadi tujuannya supaya perut nggak kembung.

12. Nggak boleh terlalu banyak makan buncis karena buncis juga menghasilkan gas walaupun tidak sebanyak keluarga kubis-kubisan tadi. Begitu pula dengan kacang tanah karena menyebabkan gas juga.

13. Jangan makan buah-buah yang asam dan mengiritasi seperti jeruk, jambu (terutama jambu batu karena kandungan vitamin C-nya tinggi, ingat vitamin C = asam askorbat. Asam!), tomat (buat atau sayur?), mangga, entah apa lagi. Hiks…. Padahal aku suka banget mangga

14. Jangan makan nangka. Jelas banget. Nangka bikin perut perih dan kembung. Nangka ini agak menipu. Rasanya manis, tapi sebenarnya menyakiti lambung.

15. Buah yang paling aman untuk dimakan adalah pepaya dan mungkin juga melon .

16. Susu dan pisang tidak dilarang. Walaupun begitu, sebenarnya ini tergantung individunya juga. Ada orang yang punya sakit maag tapi bisa minum susu atau makan pisang tapi ada juga orang yang nggak bisa begitu. Aku sih biasanya malah jadi mules kalau minum susu. Aku juga kembung kalau makan pisang ambon. Pisang lain sih katanya aman tapi karena aku nggak mau coba-coba akhirnya semua pisang kujauhi.

17. Waktu aku tanya apakah boleh minum jamu kunyit itu, ternyata kata dokter tak apa-apa. Memang itu obat maag juga. Jadi buat kamu yang lebih suka minum jamu, silahkan saja. Sudah banyak juga kok yang sembuh dengan minum jamu kunyit itu (menurut cerita dari berbagai orang). Tentunya harus rutin tiap hari, ya. Aku sih kurang telaten bikinnya, nggak terlalu suka pula. Itu soal makanan, selanjutnya soal pola hidup dan stress.

Baru inget setelah ada komentar dari Mas Oscar (diasumsikan sebagai Pria)

1. Dilarang bergadang. Tidur paling lama jam 11.00 malem. Alasan : Agar badan tidak stress. Stress itu ngaruh banget ke maag. Yang maag pasti taulah. Begitu stress, langsung perut perih. Selain itu, untuk yang diet…kalau kamu bergadang, pastinya kamu bakal laper lagi, kan? Pasti kamu makan lagi, tuh. Nggak turun-turun, dong berat badannya? Terus…begitu tubuh mendapatkan sinyal stress, misalnya karena terlambat tidur, bergadang, kecapaian, lupa makan, dan sebagainya, tubuh dengan otomatis akan menimbun makanan. Nah, lho!

2. Kurangi stress. Stress fisik (terlalu lelah, terlalu banyak kerja) ataupun stress mental (terlalu banyak pikiran, marah-marah). Dekatkan diri pada Tuhan (rajin ibadah, baca kitab suci), atau pun cara-cara relaksasi lain seperti yoga, memanjakan tubuh (biasa cewe, nih), nyanyi, nonton, apapun. Aku biasanya baca, nonton, atau main game. Tapi kalau stressnya lumayan, bisa juga nyanyi teriak-teriak. Biarin kaya orang gila! Daripada dipendem terus jadi penyakit? Ya, nggak? Asal jangan ngamuk-ngamuk ke semua orang aja, termasuk yang nggak punya masalah ama kita. Itu mah bukan nyembuhin, malah nambahin masalah. Jangan juga ngerokok dan mabuk-mabukan! Itu cuma bikin seneng sesaat, buntutnya panjang. Malah ngerusak badan, soalnya. Jadi tulisan ini jangan dijadikan alasan untuk melakukan hal-hal yang tidak baik, ya!

Ada resep dari Dr. Oz (yang suka liat Oprah pasti tau) :

Resep pertama : basahi bibir, terus dimonyongin kaya orang mau bersiul, terus hisap (jadi bukan dihembus). Nah, ntar kan terasa tuh ada hawa dingin di bibir. Itu yang mengirimkan sinyal rileks ke otak.

Begitu katanya. Resep satu lagi : Gigit kepalan tangan anda (jangan keras2, yang penting mulut terbuka), atau gigit gabus. Fungsinya untuk merilekskan otot rahang dan mengirim sinyal2 ke otak agar rileks. 3. Olah raga. Tapi jangan olah raga saat tubuh sudah kelelahan, ya. Kasian Ntar malah stress pula. Kecapaian.

Intinya : Sayangi diri Anda! Cintai diri Anda! Perhatikan diri Anda! Jalankan pola hidup sehat!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: